TUGAS 8 KOMPUTER DAN MASYARAKAT

Nama : Agung Maulana P

Nim : 1910651152

Tugas Komputer Masyarakat

 

  1. 2 penemuan terbaru dibidang IT dalam rentang waktu 2018-2020!

 

  1. Teknologi Kesehatan Pribadi

 

Teknologi memang fleksibel dan berguna di berbagai bidang, salah satunya dalam dunia kesehatan. Teknologi ini telah menjadi sebuah tren karena dapat mempercepat perawatan kesehatan dan ketepatan informasi yang belum pernah ada sebelumnya. Sebab, di tahun 2020, informasi kesehatan bisa didapatkan dari perangkat yang digunakan dari jam tangan pintar yang bisa memprediksi masalah hingga kondisi tubuh penggunanya.

Selain itu, ada aplikasi yang telah memungkinkan dokter memberikan resep obat tanpa perlu bertatap muka secara langsung hingga saran-saran perawatan yang akurat dan cepat dari sebelumnya. Informasi yang disampaikan dokter pun kini bisa lebih detail tanpa perlu terbatas oleh ruang dan waktu lagi.

 

  1. Dompet Digital

 

Salah satu penemuan teknologi yang berkembang sangat cepat di tahun 2020 dalam bidang keuangan adalah dompet digital. 

Financial technology, atau disebut fintech ini, menjadi salah satu teknologi yang mengalami perkembangan dalam layanan barunya berbasis digitalnya pada tahun 2020. Dompet digital ini bahkan telah meluas penggunaannya dalam transaksi pembayaran sehari-hari di kalangan konsumen Indonesia. 

Dompet digital dinilai menjadi salah satu penemuan teknologi yang lebih aman dan praktis dalam penggunaannya dibandingkan menggunakan uang cash. Tren ini tumbuh secara signifikan di bisnis-bisnis yang ada di Indonesia, sehingga konsumen memiliki pilihan dalam proses pembayarannya. 

 

  1. Ide dan impian saya yang berkaitan dengan inovasi di bidang Teknologi dan Informasi

 

Hampir dari kita semua sepakat bahwa inovasi secara umum akan membawa manfaat banyak bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah mempermudah urusan dan pekerjaan manusia. Ide inovasi contohnya adalah Rancang bangun kotak sampah beroda otomatis berbasis arduino dan aplikasi BLYNK Kotak sampah merupakan tempat atau wadah untuk menampung sampah secara sementara, karena hampir semua model kotak sampah memiliki penutup yang harus dibuka secara manual maka menyebabkan kurang higienis apabila tangan bersentuhan langsung dengan penutup serta sering terjadi sampah yang berserakan karena isi yang melebihi batas. Untuk itu diperlukan kotak sampah beroda otomatis yang bekerja secara otomatis untuk menjaga kehigienisan pengguna dan mengurangi sampah yang berserakan karena kotak sampah telah terisi penuh serta mempermudah pengguna menggerakan roda yang ada pada kotak sampah agar kotak sampah dapat dijalanken sesuai keinginan penggguna. Alat ini dirancang menggunakan sensor ultrasonik yang bertujuan untuk mengetahui volume dari kotak sampah apabila telah penuh, kemudia sensor PIR yang digunakan sebagai sensor yang mendeteksi tangan apabila ingin membuka penutup yang dilanjutkan dengan servo yang akan membuka, serta motor drive yang dikontrol oleh aplikasi Blynk untuk menggerakkan roda pada kotak sampah, untuk mikrokontroler yang digunakan yakni Arduino. Dari hasil pengujian diperoleh untuk pengujian sensor ultrasonik memiliki akurasi sebesar 99.50% , kemudian pengujian rata-rata waktu respon sensor PIR untuk ketinggian 10-150 cm sebesar 0.92s. Dan yang terakhir rata - rata respon pembacaan perintah dari aplikasi Blynk dengan limit switch 1.18s dan motor dc / motor drive 2.24 s teknologi ini merupakan alat yang berfungsi untuk membuka tutup kotak sampah dan memilah sampah basah dan sampah kering secara otomatis.Tujuan dari projek ini ialah mampu membuka tutup sampah serta memilah jenis sampah sendiri.

 

Harapannya adalah Semoga masyarakat Indonesia itu meningkat kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan adanya tong sampah yang biasanya ada di sekitar kita, misalnya tong sampah yang membedakan kategorinya berdasarkan warna biru, merah, kuning, itu bisa lebih mudah. Bahkan kita enggak perlu lagi Smart Trash Bin kalau masyarakatnya sudah sadar. Untuk pemerintah sendiri, saya berharap inovasi saya ini bisa dipatenkan, dipro­duksi massal, juga diaplikasikan di tempat umum jika alat ini sudah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 7 KOMPUTER DAN MASYARAKAT

Resume Activity Diagram

UTS PBO Protoype Aplikasi\